Beranda » Instalasi Wahana Outbound » Desa Wisata Bakal Sukses, Jika Memakai Jurus ini

Desa Wisata Bakal Sukses, Jika Memakai Jurus ini

Anda merupakan salah satu pengelola Desa Wisata? Kami ucapkan selamat datang di website kami yang akan membahas tentang pengelolaan management Desa Wisata. Mengapa kami perlu membahas ini? Karena sesuai dengan pengalaman kami banyak tempat-tempat wisata yang sangat membutuhkan cara pengelolaan management agar lebih sukses dan tersistem.

Sebelum jauh pembahaasan terkait judul di atas ijinkan kami memperkenalkan terkait lembaga NEW PROVIDER OUTBOUND INDONESIA. Kami merupakan lembaga pelatihan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun. Spesifik kami memang sering kali mengadakan acara pelatihan dalam bentuk indoor dan outdoor.

Program-program yang kami berikan adalah menggunakan metode Experiental Learning (belajar dari pengalaman langsung), agar bisa lebih mudah di terima oleh peserta pelatihan. Selain itu, kami juga memiliki komitmen bahwa kami siap memberikan dan memfasilitasi program pelatihan yang benar-benar menjadi salah satu sarana untuk membangun kualitas yang berkarakter.

Baca Juga: Harga Pembuatan Tempat Wisata

Di era perkembangan zaman yang serba modern ini sektor pariwisata indonesia sangat mendukung adanya tempat-tempat wisata baru. Selain itu dukungan pemerintah pun juga di tunjukkan dengan menggelontorkan dana hibah untuk Desa-desa yang ingin berkembang. Perkembangan desa saat ini juga mulai melonjak tinggi dengan adanya lokasi wisata baru yang meliputi wisata alam, kuliner,budaya, sejarah dan wisata buatan lainnya.

Tidak banyak lokasi-lokasi wisata bisa sukses dalam pengembangan bisnisnya. Hal itu terjadi karena ingin mendapatkan dana dari pemerintah atau istilah lainnya adalah menggugurkan kewajiban saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena dana yang di iming-iming oleh pemerintah tidak sedikit. Selain itu konsep lokasinya juga hasil dari menjiplak daerah-daerah yang ramai akan pengunjung wisata.

Anda perlu memperhatikan bahwa memang tidak semudah itu membuat lokasi wisata. Yang paling penting dari tempat wisata adalah membuat managemen yang terstruktur dan tersistem. Karena kita kembalikan lagi pada tujuan utamanya adalah Bisnis lokasi wisata bisa berkembang.

Pengertian Desa Wisata dan Wisata Desa

Terkait adanya hal ini keduanya memiliki kata yang sama jika di bolak-balik, tetapi memiliki makna yang berbeda. Dikutip dari wikipedia.com bahwa pengertian desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Akomodasi memiliki pengertian sebagian dari tempat tinggal penduduk dan unit-unit yang berkembang atas konsep tempat tinggal penduduk. Sedangkan Atraksi memiliki pengertian seluruh kehidupan keseharian penduduk setempat beserta setting fisik lokasi desa yang memungkinkan berintegrasinya wisatawan sebagai partisipasi aktif.

Lebih mudah pembahasaanya adalah terpenuhinya unsur wisata yang memiliki daya tarik. Mulai tersedianya dari insur alam, budaya dalam satu kawasan tertentu dan memiliki tujuan menaikkan kearifan maupun ke unikan di bidang pariwisata. Hal ini juga bisa di simpulkan bahwa yang dijual untuk wisatawan adalah berupa paket wisata keliling bukan penjualan tiket masuk.

Baca Juga: Harga outbound dan include lokasi terBAIK

Sedangkan pengertian Wisata Desa adalah suatu desa yang di dalamnya memiliki obyek wisata. Selain itu terdapat bentuk kegiatan wisata yang membawa wisatawan pada pengalaman untuk melihat dan mengapresiasi keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

Banyak yang mengklaim bahwa pengertian itu disebut desa wisata, dan hal tersebut perlu di luruskan serta di edukasikan kepada masyarakat umum. Lebih simpelnya pengertian ini adalah setiap wisatawan yang berkunjung ke obyek wista yang berada di desa lebih banyak dikenakan biaya tiket masuk.

Nah sekarang anda tinggal memilih, kategori mana yang anda pilih.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk Konsep Pengembangan

Pengembangan dalam bisnis wisata ini sangat di perlukan konsep-konsep yang tepat. Konsep tersebut adalah:

  • Pemetaan wilayah

Pemetaan wilayah yang dimaksud adalah anda harus mengidentifikasi potensi alam, sosial dan budaya yang berada di desa. Hal ini bertujuan bisa mendayagunakan potensi wisata dan daya tarik untuk wisatawan yang berkunjung. Sehingga konsep pembuatan tempat wisata akan lebih mudah diperuntukkan sebagai destinasi unggulan atau destinasi utama pada desa tersebut.

  • Penataan Wilayah

Menata Wilayah dengan memperbaiki fasilitas-fasilitas umum, seperti tempat ibadah, toilet, titik kumpul, parkiran dan pemukiman. Selain itu yang paling penting adalah penataan akses jalan menuju lokasi wisata dan lokasi wisata juga harus bersih dari sampah, terutama sampah plastik.

  • Menyiapkan Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan Jaringan

Salah satu langkah ini yang menurut kami adalah jurus jitu, yaitu pembuatan aturan main dan pengelolaan managemen. Pembentukan badan pengelola, merancang program kerja untuk jangka pendek, Jangka Menengah dan jangka panjang, mengembangkan jaringan dan kerja sama.

Jika langkah-langkah tersebut sudah di lakukan maka lokasi wisata anda akan menjadi tuan rumah bagi wisatawan dan tinggal anda siapkan paket-paket harga wisata yang menarik. Pengembangan tempat wista ini memang tidak bisa instan, karena di dalamnya perlu adanya masyarakat sekitar dan komunitas sebagai pelaku yang penting dengan konsep yang jelas.

Demikian informasi tentang Desa Wisata dan cara pengelolaannya. Jika anda membutuhkan informasi terkait tentang Program Outbound, Jasa pembuatan Wahana outbound wisata, dan Pelatihan program Pengelolaan bisa hubungi marketing kami.

Chat WhatApps: 081-938-894-727

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!